Senin, 31 Januari 2011

Duabelas orang Yang Diangkat (Al-Mujtabun)

Kata kerja ijtaba (mengangkat/memilih) berikut turunan katanya disebut 12 kali dalam AI-Quran, sebanding dengan 12 Imam yang ditetapkan oleh Allah SWT. Yaitu dalam ayat-ayat ber­ikut:
  1. ..... Dia telah memilih kamu (ijtabakum) dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama, suatu kesempitan .....(Al-Haj: 78).
  2. (Bagi) yan,q mensyukuri nikmat-nikmat Allah, Allah telah memilihnya (ijtabahu) dan menunjukkan kepada jalan yang lurus. (Al-Nahl: 121).
  3. Kemudian Tuhannya memilihnya (ijtabahu),     maka Dia me­nerima taubat serta memberi petunjuk. (Thaha: 122).
  4. Lalu Tuhannya memilihnya (ijtabahu) dan menjadikan ter­masnk orang-orang saleh. (Al-Qalam: 50).
  5. Dan apakah Kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah yang sama, yang didatangkan (yujba) ke tempat itu buah-buahan dari segala macam (tumbuhan) ..... (Al­Qashash: 57).
  6. Dan apabila kamu tidak membawa suatu ayat AI-Quran kepada mereka, mereka berkata: "Mengapa tidak kamu buat sendiri ayat itu (ijtabaitaha)?" (Al-A'raf: 203).
  7. ..... dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dari orang-orang yan,q telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih (ijtabaina) ..... (Maryam: 58).
  8. ..... dan kami telah memilih mereka (ijtabanahum) (untuk menjndi nabi-nabi dan rasul-rasul) dan Kami menunjuk mereka ke jalan yang lurus. (Al-An'am: 87).
  9. ..... Akan tetapi Allah memilih (yajtabi) siapa yang dikehendaki-Nya di antara rasul-rasul-Nya ... (Ali lmran: 179).
  10. ..... Allah menarik (yajtabi) kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali kepada-Nya. (Al-Syura: 13).
  11. Dan demikianlah, Tuhanmu telah memilih kamu (yajtabika) (untuk menjadi nabi) serta mengajari kamu sebagian dari ta'bir mimpi-mimpi ..... (Yusuf: 6).
  12. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam (kal jawaabi) ..... (Saba': 13).

Tidak ada komentar: