Senin, 31 Januari 2011

Ulul 'Azmi Berjumlah Lima Orang Rasul

Menurut keyakinan kaum Muslimin, bahwa ulul azmi dari kalangan Rasul berjumlah lima orang, yaitu Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad saw. Dalam Al-Quran, ternyata kata 'azm disebut sebanyak lima kali, sama dengan jumlah Rasul-Rasul-Nya yang termasuk ulul 'azmi, yaitu dalam ayat-ayat berikut :
  1. ..... Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan ('azmi) yang patut diutamakan (Ali Imran: 186).
  2. ..... Dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal ('azmi) yang diwajibkan (oleh Allah). (Luqman: 17).
  3. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal ('azmi) yang diutamakan. (Al-Syura: 43).
  4. Maka bersabarlah kamu seperti orang yang mempunyai keteguhan hati (ulul 'azmi) dari rasul-rasul yang telah berlaku dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka . ..... (AI-Ahqaf: 35).
  5. Dan sesungguhnya Kami telah perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak kami dapati padanya kemauan yang kuat ('azmah) (Taha: 115).

Tidak ada komentar: