Selasa, 22 Februari 2011

Tingkatan Pengetahuan Ilmiah


Lebih menekankan pada karakteristik pengetahuan masing - masing. Tingkatan pengetahuan ilmiah ditentukan oleh macam pertanyaan Ilmiah :
1.      Pengetahuan deskriptif                  ®        bagaimana
2.      Pengetahuan kausal                       ®        mengapa
3.      Pengetahuan normatif                    ®        Ke mana
4.      Pengetahuan                                   ®        apa.
1.      Pengetahuan Diskriptif
Pengetahuan macam ini adalah suatu jenis pengetahuan yang memberikan suatu keterangan, penjelasan secara objektif, tanpa adanya unsur subjektivitas kajian Pancasila secara deskriptif ® Kajian tentang kedudukan fungsi Pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia, dan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia.
2.      Pengetahuan Kausal
Pengetahuan kausal yaitu suatu pengetahuan yang memberikan jawaban tentang sebab akibat. Proses kausalitas terjadinya Pancasila yang meliputi 4 kuasa yaitu : kuasa materialis, kuasa farmalis, kuasa effisien dan kuasa finalis
3.      Pengetahuan Normatif.
Tingkatan pengetahuan normative adalah sebagai hasil dari pertanyaan ilmiah ke mana? Pengetahuan normative senantiasa berkaitan dengan suatu ukuran parameter, serta norma - norma.
4.      Pengetahuan Essensial
Pengetahuan essensial adalah tingkatan pengetahuan untuk menjawab suatu pertanyaan yang terdalam yaitu suatu pertanyaan tentang hakikat segala sesuatu, dan hal ini dikaji dalam bidang ilmu filsafat.

Lingkup pemahasan pancasila Yuridis kenegaraan
Tingkatan pengetahuan yuridis kenegaraaan adalah meliputi tingkatan pengetahuan deskriptif, kausal dan normative sedangkan pengetahuan ilmiah esensial dibahas dalam filsapat Pancasila yaitu membahas sila-sila sampai inti darinya, makna yang terdalam atau membahas sila-sila Pancasila sampai tingkat hakikatnya.

Tidak ada komentar: