Rabu, 23 Februari 2011

Pendidik dalam pendidikan Islam

Jenis-jenis Pendidik dalam pendidikan Islam terdiri dari Allah Ta’ala, Nabi Muhammad Saw, Orang Tua dan Guru. Ke-empat jenis pendidik tersebut secara implementasinya berbeda satu dengan yang lainnya namun secara substansinya memiliki kesamaan yaitu memberikan pencerahan pada selain dirinya.
Untuk dapat menjadi seorang pendidik, sebagaimana ditegaskan dalam hadist - hadist Nabi, maka seorang pendidik tersebut harus memiliki kreteria antara lain :
  1. Pendidik harus menyampaikan hal-hal yang baik, pengajaran harus menyajikan sesuatu yang baik bagi anak, bukan sebaliknya,
  2. Pendidik harus memiliki sifat penyayang,
  3. Pendidik harus bersikap lemah lembut, 
  4. Pendidik harus bersikap tegas,
  5. Pendidik harus pema’af,
  6. Pendidik harus appresiatif,
  7. Pendidik Mencari Tahu Keadaan Peserta Didik,
  8. Pendidik harus menjadi teladan bagi anak.
Semua potensi yang dimiliki di atas merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain, dimana yang satu dengan lainnya terintegrasi dalam kepribadiannya secara utuh (holistic personality). Selanjutnya, Pendidik/guru memegang peranan yang penting dan strategis. Sebagai pendidik, guru merupakan agent of social change yang mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku manusia menuju yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih mandiri sehingga terwujud apa yang diharapkan yaitu menjadikan peserta didik yang memiliki sikap insan al-kamil.

Tidak ada komentar: