Rabu, 23 Februari 2011

Konsep Dasar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasisi Sekolah


  1. Latar belakang, Perkembnabngan iptek telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai masalah permaslahan dapat data diselesaikan kecuali dengan upaya penguasaan teknologi. Ada dua faktor yang dapat menjelaskan mengapa upaya perbaikan mutu pendidikan kurang berhasil, pertama strategi pendidikan selama ini masih bersifat input oriented. Kedua pengelolaan pendidikan selama ini lebih bersifat macro-oriented.
  2. Tujuan, Konsep manajemen peningkatan mutu sekolah ini ditulis dengan tujuan mensosialisasi konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah khususnya kepada masyarakat, memperoleh masukan agar konsep manajemen ini dapat di implementasikan dengan mudah dan sesaui dengan kondisi lingkungan Indonesia yang memiliki keragaman cultural, social ekonomi masyarakat, memambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk peduli tentang peningkatan mutu pendidikan.
  3. Pengertian Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah merupakan alternative baru dalam pengelolaan pendidikan lebih menekankan kemandirian dan kreatifitas siswa. Indikator yang menunjukkan karakter dari konsep manajemen ini antara lain sebagai berikut, lingkungan sekolah yang man an tertib, sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat, sekolah memiliki misi dan target mutu yang dicapai, adanya harapan yang tinggi dari personel sekolah untuk berprestasi, adanya pengembangan sekolah terhadap IPTEk, adanya pelaksanaan evaluasi, dan adanya evaluasi.
  4. Pengertian Mutu, dalam hal ini mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan.
  5. Kerangka kerja manajemen peningkatan mutu berbasis sekoalah. Sumber daya sekolah harus mempunyai fleksibelitas dalam mengatur sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan setempat, sekolah harus memiliki akuntabilits baik kepada masyarakat maupun kepada pemerintah.

Tidak ada komentar: